Thursday, August 30, 2012

Pahami Pengertian Affilate Marketing

Internet marketing memiliki banyak cabang yang bisa kita gunakan sebagai jalan untuk dapat mengasilkan uang lewat internet. Salah satu cabang dari internet marketing yang sekarang akan saya bahas adalah pengertian dari Affiliate Marketing.

Mungkin banyak dari anda yang sudah mengetahui tentang ragam bisnis internet. namun belum begitu paham tentang bisnis affiliate marketing. bisnis affiliate marketing ini adalah sebuah jenis bisnis yang memberikan bayaran kepada seorang affliater (orang yang menjalankan affiliate marketing) atas jasanya untuk
mempromosikan produk baik produk fisik maupun non fisik.

Produk fisik yang saya maksud adalah berbagai produk seperti pakaian, sepatu, sandal, aksesoris, mobil, rumah, alat elektronik dll. sedangkan produk non fisik adalah berbagai produk seperti ebook, software, kursus online dll. yang merupakan produk digital.

untuk bisa sukses menjalankan bisnis affiliate marketing ini, anda harus memiliki skill dalam mempromisikan produk yang disediakan oleh vendor. promosi yang anda lakukan dapat berupa promosi online di blog atau website anda. berpromosi di berbagai forum dan tentunya lebih baik jika berpromosi dengan google adword.

anda akan mendapatkan penghasilan jika anda berhasil membujuk orang untuk membeli sebuah produk melalui link afilliasi anda. Bonus yang diberikan biasanya beragam. namun kebanyakan akan memberikan bonus antara 50-75% dari harga jual produk itu. Keuntungan yang besar inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk menjalankan bisnis affiliate marketing ketimbang bisnis online lainya.

berikut ini adalah contoh link affiliasi yang akan diberikan oleh vendor (penyedia produk affiliasi) kepada anda:
www.namaproduk.com/?id=id_anda
penjelasan:
www.namaproduk.com = adalah alamat website yang menjual produk
/?id=id_anda = adalah id anda yang berguna untuk mengetahui bahwa pembeli produk adalah berdasarkan dari referensi anda.

dalam sistem pemberian bonusnya, setiap vendor memiliki perbedaan. namun intinya ada dua yang sering digunakan vendor dalam memberikan bonus kepada affiliaternya.

PPS (Pay Per Sale) : dimana anda akan mendapatkan bonus dari setiap penjualan produk yang berhasil anda tawarkan kepada seseorang.
PPL (Pay Per Lead): dimana anda akan mendapatkan bonus dari setiap lead/prospek yang anda datangkan ke website penyedia produk.

di luar negeri, pekerjaan sebagai affiliate Marketer merupakan pekerjaan yang berkelas. banyak orang yang menjalankannya dengan profesional. jika anda berminat untuk menjadi seorang affiliate Marketer, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba di pasar lokal dulu, sebelum akhirnya terjun ke pasar internasional.

beberapa vendor yang telah terkenal di dunia dengan program affiliasinya adalah:
1. Amazon.com : kebanyakan produk yang dijual berupa produk fisik (camera, hp, laptop, computer mobil dll)
2. Clickbank.com : kebanyakan produk yang di jual  berupa produk digital (ebook, software, course online dll)

bagaimana? sudah jelaskan tentang pengertin affiliate marketing? ingin menjalankannya? ayo.. mulai take action sekarang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...